-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Gaharu: Batang Pohon Seharga 1,45 Miliar, Berikut Ciri-Cirinya!

 

Seruan.id – Munculnya batang kayu ini berhasil membuat heboh masyarakat dunia. Pasalnya, batang kayu yang dijuluki Gaharu tersebut digadang-gadang dengan harga yang sangat fantastis bak emas murni.

Berita terbaru mengabarkan kayu tersebut dijual seharga US$ 100.000 per kg atau jika dirupiahkan setara dengan 1,45 milliar per kg (kurs Rp. 14.500).

 

Bagaimana sih wujud batang kayu Gaharu? Yuk kita intip, siapa tahu ada di hutan sekitar kita!

Pada Kamis, (03/09/2020) laman Business Insider menyebutkan bahwa Gaharu dihasilkan oleh batang kayu yang terinfeksi oleh jamur tertentu. Gaharu berasal dari Aquilaria Malaccensis, yaitu salah satu pohon asli dari hutan hujan di Asia Tenggara.

Sebelum terinfeksi, inti batang kayu Gaharu yang sehat pada pohon Aquilaria berwarna pucat dan tidak memiliki bau apapun.

Diperkirakan, kerusakan pohon tersebut bisa diakibatkan oleh hewan liar yang ada di hutan tempat pohon tersebut tumbuh. Nah kerusakan tersebutlah yang menjadi penyebab utama infeksi pada inti pohon yang disebut dengan Phialophora Parasitica.

Dengan terinfeksinya inti batang pohon maka akan menghasilkan resin aromatik yang diinduksi stress, biasa disebut aloes. Aloes memiliki warna gelap dan lembab.

Selama beberapa tahun, Gaharu perlahan-lahan tertanam pada inti batang kayu.

Setelah Gaharu siap dipanen, maka Gaharu dipisahkan dari Aquilaria yang sehat hingga terlihat seperti kepingan yang biasa disebut dengan kepingan oud oleh para pemanen Gaharu.

Oud kemudian disuling menjadi minyak esensial.  Semakin murni minyak tersebut maka akan memiliki harga semakin mahal. Kabarnya, harga minyak tersebut bisa mencapai US$ 80.000 per liter.

Saking mahalnya, minyak esensial dari Gaharu tersebut sering disebut oleh para pedagang sebagai emas cair.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment