-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Apa itu 'Me Time' ? dan Seberapa Pentingkah Hal Tersebut ?

Di tengah hiruk-pikuk pekerjaan (baik pekerjaan kantor atau rumah), kamu perlu mengendalikan kesehatan dan kebahagiaan diri kamu sendiri. Menghabiskan waktu untuk diri sendiri alias me time ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Masalah yang Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari nyatanya dapat menimbulkan beban tersendiri bagi kondisi mental, dan me time adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran Anda.

Selama ini, ada salah kaprah bahwa menghabiskan waktu untuk diri sendiri diasosiasikan dengan kesepian, sedih, atau antisosial. Ada juga orang yang merasa bersalah karena meluangkan waktu sendirian, padahal dikelilingi orang terkasih. Padahal, me time sejenak penting bagi tubuh dan baik untuk menjaga kesehatan mental.

Manfaat me time untuk kesehatan
Cobalah menandai kalender di meja kerja kamu dengan catatan-catatan kapan kamu bisa ‘me time’, di mana, dan apa yang akan kamu lakukan. Ketahui manfaat yang kamu peroleh dari ‘me time’, yaitu:

1. Me Time Memungkinkan Kamu untuk Me-reboot Otak dan Bersantai
Terus-menerus “aktif” tidak memberi otak kamu kesempatan untuk beristirahat dan mengisi kembali dayanya sendiri. Menjadi seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan memberikan kesempatan untuk menjernihkan pikiran, fokus, dan berpikir lebih jernih. Ini merupakan kesempatan untuk merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan. 

2. Me Time Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Meningkatkan Produktivitas
Saat kamu menghilangkan atau mengesampingkan sejenak gangguan dari hari kamu, kamu dapat lebih bisa berkonsentrasi. Dengan kembalinya konsentrasi membantu kamu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. 

3. Me Time Memberi Kesempatan untuk Mendengar Suara Kamu Sendiri
Ketika kamu menjadi bagian dari suatu kelompok (misalnya di tempat kerja atau di kampus), kamu cenderung mengikuti apa yang dilakukan atau dipikirkan oleh kelompok tersebut. Padahal tidak selalu tindakan yang kelompok kamu ambil mengandung keputusan yang sama dengan suara kamu. 

4. Me Time Membantu Kamu Mengatasi Masalah dengan Lebih Efektif
Sulit untuk memikirkan solusi atau jalan keluar yang efektif untuk masalah saat kamu terganggu oleh informasi yang masih terlepas dari apakah sumbernya elektronik atau manusia.

5. Me Time dapat Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Orang Lain
Dengan menghabiskan waktu bersama diri sendiri dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri kamu, apa yang kamu inginkan dalam hidup kamu lebih mungkin untuk membuat pilihan yang lebih baik tentang apa yang kamu inginkan. Kamu juga bisa lebih menghargai hubungan kamu setelah menghabiskan waktu sendirian. 

6. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Ada perbedaan jelas antara kesepian dengan menyendiri. Kesepian merupakan emosi negatif yang timbul saat Anda merasa tidak terhubung dengan orang lain. 
Sebaliknya, menyendiri sejenak justru memberikan manfaat bagi kemampuan bersosialisasi.

Menghabiskan waktu dengan diri sendiri selama me time memiliki manfaat dalam meningkatkan beberapa aspek, di antaranya:
1. Kemampuan berkomunikasi dan memahami orang lain
2. Pemahaman terhadap diri sendiri
3. Kecerdasan intelektual dan emosional
4. Rasa percaya diri
5. Perasaan bahagia saat berinteraksi dengan orang lain

Motivasi untuk mengembangkan diri sendiri
Cukup 5 Menit
Apabila kamu hanya memiliki waktu 5 menit untuk ‘me time’, maka jangan sia-siakan itu. Beberapa hal berikut ini bisa kamu lakukan dengan hanya 5 menit, dan cukup untuk mengembalikan energi kamu dari penat. 

1. Bernapas.
Maksudnya adalah fokus mengambil napas secara perlahan. Pikiran kamu mungkin berpencar-pencar, namun tidak apa-apa. Cobalah mengaturnya secara perlahan dan memikirkan segala sesuatu yang ada di dalam daftar tugas kamu. 
 
2. Meregangkan badan.
Bangunlah dari meja kamu dan berikan energi pada otot kamu. Tidak melakukan apa pun. Duduklah dengan tenang. Tahan keinginan untuk bekerja, atau melakukan apa pun. Biarkan pikiran dan tubuh kamu beristirahat sejenak. 
  
Jadi, tidak ada salahnya menyendiri untuk memperoleh manfaat ‘me time’ saat Anda merasa jenuh menjalani kehidupan sehari-hari. ‘me time’ tidak harus berhari-hari atau satu jam, bahkan 5-15 menit saja kamu bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya. Hal ini akan memberikan manfaat yang banyak untuk keseharian kamu nantinya. 
Related Posts

Related Posts