-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Perdana Mentri Jepang Shinzo Abe Mengundurkan Diri

Berita mengejutkan datang dari Negara Jepang, Perdana Mentri (PM) mereka Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya hari ini pada Jumat (28/08/2020).

Pengunduran diri Abe disiarkan melalui konferensi pers yang disiarkan Reuters dari kantor Perdana Menteri di daerah Chiyoda, Tokyo, Jepang.

Diketahui penyebab dari pengunduran diri Shinzo Abe dikarenakan sakit radang usus besar atau kolitis ulseratif kronis yang sudah dialaminya sejak remaja. Tahun ini, tepatnya pada Juni lalu, hal tersebut kembali menimpa Shinzo Abe, penyakit kronis itu kembali menyerang Abe.

Dirinya sendiri mengaku telah menjalani berbagai rangkaian pengobatan, termasuk mengonsumsi beberapa obat baru. Pria 65 tahun itu juga sempat diperiksa di rumah sakit selama 7 jam, karena kondisi kesehatannya yang menurun.

Tepatnya pada Senin (17/8/2020), Abe terlihat keluar dari rumah sakit Keio University Hospital Tokyo. Ia dilaporkan telah diperiksa lebih dari tujuh jam, dan pergi dengan mobil tanpa mengatakan sepatah kata pun, menurut tayangan televisi lokal yang dilansir AFP. Di rumah sakit itu dulu, Abe sempat dirawat karena kolitis ulseratif (peradangan usus besar). 

Terdapat sebuah laporan dari majalah mingguan pada Juli yang mengklaim bahwa Abe pernah mengalami muntah darah. Namun dengan cepat, Juru Bicara Pemerintah Yoshihide Suga bersikeras menyatakan bahwa perdana menteri Shinzo Abe dalam keadaan sehat. Kemudian tak lama setelahnya, kesehatan pria 65 tahun ini dipertanyakan lagi karena enggan mengadakan konferensi pers.

Disaat yang bersamaan, kritik sedang deras mendera pemerintah Jepang atas penanganannya terhadap virus corona dengan jumlah kasus yang melonjak. Abe kemudian kembali ke kantornya pada Rabu (19/8/2020), dan menyatakan  dirinya siap bekerja lagi setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dua hari sebelumnya di Keio University Hospital Tokyo. Namun, Abe masuk rumah sakit lagi pada Senin (24/8/2020). 

Setelah banyak spekulasi yang datang tentang kesehatannya, PM Jepang Shinzo Abe dengan masa jabatannya yang terlama di Jepang ini dikabarkan akan mundur dari jabatannya. Berita tersebut pun  benar terjadi, Abe resmi mengundurkan diri pada Jumat (28/8/2020) melalui konferensi pers di kantor perdana menteri di Chiyoda, Tokyo, Jepang. Ini adalah pengunduran diri kedua Abe. Sebelumnya, dia juga mundur 26 September 2007 karena penyakit yang sama, radang usus besar.

Namun saat terpilih lagi pada 2012, ia mengatakan sudah melakukan pengobatan baru untuk mengatasi penyakitnya.

Sedikit informasi untuk mengenal sosok Shinzo Abe.

Shinzo Abe lahir pada 21 September 1954 di Tokyo. Politisi Jepang ini menjabat sebagai PM selama dua periode, 2006-2007 dan 2012-2020.

Abe berasal dari keluarga politik terkemuka. Kakeknya, Kishi Nobusuke, menjabat sebagai PM Jepang dari tahun 1957 hingga 1960, dan paman buyutnya, Sato Eisaku, memegang jabatan yang sama dari tahun 1964 hingga 1972.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment