-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Pemancing Silalahi Kembali Mendapat Ikan Mas Raksasa, Warganet: Masih Ingat Tragedi KMP Sinar Bangun?


Seruan.id – Masih ingat dengan tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba?

Tragedi yang pernah menewaskan lebih dari 150 jiwa dalam waktu sekejap tersebut dipercayai disebabkan oleh muatan kapasitas kapal yang berlebihan dan cuaca yang buruk pada saat kejadian. Tragedi ini menghebohkan seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke pada saat itu.

Namun tidak sedikit juga orang yang percaya jika Tragedi itu ada hubungannya dengan mitos di sekitar Danau Toba. Kejadian memilukan tersebut dikaitkan dengan penangkapan Ikan Mas besar berbobot 15 kg lebih oleh seorang pemancing di Tao Silalahi.

Danau Toba merupakan Danau Vulkanik dan merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Hal itupun membuat Danau Toba menjadi ikon pariwisata di Sumatera Utara dengan sejuta keindahan seperti motto mereka “Negeri Indah Kepingan Surga”.

Namun dibalik semua keindahannya, Danau Toba juga memiliki sejuta misteri yang menyimpan mitos yang hingga saat ini masih dipegang kuat oleh masyarakat setempat. Salah satu mitos yang membuat gempar adalah Ikan Mas raksasa yang dipercaya menjadi penunggu di Danau Toba.

Oleh sebab itulah masyarakat setempat sangat melarang orang-orang untuk menangkap Ikan Mas dengan ukuran sudah di atas normal, karena bisa mengakibatkan bencana yang tidak diinginkan.

Namun baru-baru ini, beredar ramai di media sosial yang memperlihatkan photo beberapa pemancing di daerah Silalahi, Tanah Karo yang memamerkan hasil pancingan mereka. Pemancing tersebut berhasil menangkap Ikan Mas dengan bobot 15 kg.

Banyak warganet yang berdoa agar kejadian serupa yang menimpa KMP Sinar Bangun tidak terulang kembali.  Mereka berharap siapapun yang berkunjung ke Danau Toba lebih berhati-hati dan turut menjaga kelestarian alam disana.

Kita doakan saja semoga tidak terjadi tragedi serupa di Danau Toba. Bagi para pengunjung diharapkan hati-hati ketika berkunjung ke Danau Toba. Mari kita jaga kelestarian alam sekitar, alam pun akan memberikan keramahannya pada kita,” tulis FR pada Selasa, (11/08/2020).

Selain itu, ada juga warganet yang meminta supaya Ikan Mas tersebut dilepaskan agar tidak terjadi bencana lagi.

Dilepas aja. Kembalikan ke habitatnya, takutnya ada bencana lagi,” tulis KS.

Percaya tidak percaya, akan tetapi adat istiadat disana memang masih sangat kental. Alangkah baiknya jalankan adat tersebut,” tambah RD.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment