-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Benarkah Benua Australia Terus Menghimpit Pulau Indonesia? Gaswat!


Seruan.id – Berdasarkan data, Benua Australia yang berada tepat di Selatan Kepulauan Indonesia terus bergeser ke Sebelah Utara hingga 1,5 Meter sejak tahun 1994.

Sejak dipantaunya pergeseran benua ini, terjadi pergeseran sebanyak 7 sentimeter ke arah utara setiap tahunnya. Diperkirakan, pergeseran ini terjadi akibat bergeraknya Lempeng Bumi.

Dilansir dari ABC News, Australia secara geografis memang terletak di atas Lempeng Tektonik yang memiliki pergerakan paling cepat dan bertumbukan dengan Lempeng Pasifik yang setiap tahunnya bergerak 11 sentimeter.

Akibatnya, pertemuan kedua lempeng ini kerap menghasilkan gempa bumi dahsyat. Sebagai contoh pada 23 Desember 2004 gempa berkekuatan 8,1 skalaricter menghantam Pulau Macquarine bagian Utara akibat aktifitas pertemuan kedua lempeng tersebut.

Mengacu pada data, semenjak tahun 1994 Benua Australia telah bergeser ke arah Utara sejauh 1,5 meter. Untuk memastikannya, para ilmuwan asal Negeri Kanguru tersebut menghitung kembali posisi Garis Bujur dan Garis Lintang benua yang diduduki oleh satu negara tersebut.

Para ilmuwan tersebut melakukannya agar sistem transportasi udara/laut, navigasi pribadi, dan survei tetap akurat seperti sedia kala.

Hal demikian juga disampaikan oleh Pejabat Geoscience Autralia, pembaharuan data tersebut sangat penting karena adanya perbedaan data antara posisi saat ini dengan titik koordinat yang dipakai oleh Global Navigation Satelite System, seperti GPS.

Garis benua memang tepat, tapi seiring berjalannya waktu, posisi itu sedikit berbanding dengan posisi GPS. Sehingga kita sangat perlu untuk mengubahnya,” tutur perwakilan dari Geoscience Australia.

Untuk update data titik koordinat terbaru, rencananya akan dikeluarkan pada tahun ini jika tidak ada kendala di lapangan.


Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment