-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Wow! Danau Toba Akhirnya Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

Danau Toba akhirnya ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis pada Selasa (2/7/2020). 

Keberhasilan itu diraih karena Pemerintah Indonesia berhasil meyakinkan Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan bahwa Kaldera Toba memiliki kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal, khususnya dalam budaya dan keanekaragaman hayati. 

Dengan pentapan itu, Indonesia dapat mengembangkan Danau Toba melalui jaringan Global Geoparks khususnya dalam pemberdayaan masyarakat lokal.

"Melalui penetapan ini, Indonesia dapat mengembangkan geopark Kaldera Toba melalui jaringan Global Geoparks Network dan Asia Pacific Geoparks Network khsusnya dalam kaitan pemberdayaan masyarakat lokal," ujar Duta Besar DI untuk UNESCO, Arrmanatha Nasir melalui keterangan tertulis pada Rabu (8/7/2020). 

Penetapan Danau Toba sebagai UNESCO Global Geoparks memberikan kesempatan dan juga tanggung jawab bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat setempat. Penetapan itu dapat mendorong pengembangan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan di kawasan Danau Toba. 

Melalui pengembangan geo-pariwisata yang berkelanjutan, terbuka peluang bagi masyarakat setempat untuk promosi budaya, produk lokal, serta penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih luas. Tapi di samping itu, adanya pengakuan dan perhatian dunia terhadap Danau Toba, dengan itu pemerintah dan masyarakat setempat berkewajiban untuk meningkatkan dan terus menjaga kelestarian lingkungan dan keutuhan dari Kawasan Danau Toba.

Nasir juga menjelaskan, bahwa penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark merupakan proses panjang dari upaya bersama berbagai pemangku kepentingan baik Pemerintah Pusat dan daerah maupun masyarakat setempat yang tinggal di kawasan danau Toba.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia, pada 31 Agustus-2 September 2019.

Sumber: Tempo
Related Posts

Related Posts

Post a Comment