-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Resmi Diganti, Doni Joewono Terpilih Menjadi Deputi Gubernur BI

(Gambar: CNBC Indonesia)

Nama Doni Primanto Joewono telah terpilih sebagai Deputi Gubernur BI, menggantikan Erwin Rijanto. Doni terpilih utntuk mengisi jabatan Deputi Gubernur BI selama 5 tahun, yakni periode 2020-2025. Dengan adanya keputusan ini, membuat Doni memenangkan suara setelah bersaing dengan dua calon lainnya yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman.

Doni yang merupakan kelahiran Surabaya saat ini menjabat sebagai kepala Departemen Sumber Daya Manusia BI.

Doni Joewono dipilih secara aklamasi musyawarah mufakat oleh seluruh anggota komisi XI DPR-RI. Terpilihnya Doni adalah untuk menggantikan posisi Erwin Rijanto yang akan berakhir pada 17 Juni 2020. Erwin Rijanto yang dahulunya juga di angkat menjadi Deputi Gubernur BI sesuai dengan keputusan Presiden nomor 39/P/2015 untuk masa jabatan hingga tahun 2020 ini.

Sebagai Deputi Gubernur BI, Doni sebelumnya sudah menekankan pada saat pemilihan, bahwa Ia akan fokus untuk mendorong ekonomi digital melalui muatan peran BI menuju Indonesia maju dan berdaya tahan. Ia mengatakan selain penetapan dan peng-implementasian kebijakan yang efektif dan sinergis, perekonomian Indonesia akan tetap dapat tumbuh tinggi, berdaya tahan melalui pemanfaatan digitalisasi.

Salah satu contoh pemanfaatan digital ini adalah elektronifikasi, Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah. Yang mana menurut Doni akan sangat efektif dilakukan ditengah pandemi Covid-19 pada saat ini. Dengan adanya elektronifikasi Bansos akan bener-benar dapat dipastikan diterima oleh masyarakat. Dan tentu saja, juga akan mudah untuk melakukan Tracking, sehingga penyaluran Bansos bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Meskipun begitu, Doni juga mengatakan bahwa pengoptimalan digitalisasi ini juga memiliki resiko-resiko tersendiri. Seperti penyalahgunaan data konsumen, import barang tidak sehat, hingga resiko cyber sasar. Doni mengatakan bahwa tantangan di era digital ini adalah titik keseimbangan antara peluang inovasi digital dengan upaya mitigasi terhadap resiko.

Meski pada akhirnya nama yang keluar sebagai Deputi Gubernur BI adalah Doni. Wakil ketua Komisi 11 DPRRI Eriko Sotarduga mengatakan bahwa proses pemilihan ini berlangsung cukup alot. Dikarenakan ketiga calon cukup mumpuni untuk dapat dipilih menjadi Deputi Gubernur BI. Serta calon yang belum terpilih masih memiliki kesemptan di periode berikutnya

Berikut sekilas Profil dari Deputi Gubernur BI terpilih, Doni Primanto Joewono:
Tanggal lahir : Surabaya, 24 Februari 1965
Jabatan Saat ini : Kepala Departemen SDM BI
Pengalaman Kerja :
1991 Memulai karir di Bank Indonesia
2005-2008 Peneliti Ekonomi Senior di kantor perwakilan BI di London
2018-2020 Kepala Kantor Perwakilan di Surabaya
Related Posts

Related Posts

Post a Comment