-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Dexamethasone, Terbukti Efektif Sembuhkan Pasien Covid-19

(Gambar: tempo.co)

Rangkaian cara terus dilakukan untuk membantu dalam penyembuhan pasien positif Covid-19. Organisasi kesehatan dunia, WHO memperbaharui panduan perawatan pasien Virus Corona. Hal ini dilakukan setelah penelitian terbaru menunjukkan bahwa steroid sederhana seperti dexamethasone bisa digunakan untuk mengobati pasien virus Covid-19.

Dexamethasone adalah obat steroid yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, termasuk radang sendi. Caranya, menekan respons pertahanan alami dari sistem imun tubuh dan  mengurangi gejala pembengkakan dan reaksi alergi.

"ini adalah perawatan pertama yang menunjukan penurunan angka kematian terhadap pasien Covid-19 yang membutuhkan bantuan oksigen atau ventilator" ujar Direktur Jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari kantor berita Reuters, (Rabu,17/06/2020).

Biasanya dexamethasone ini lebih banyak di konsumsi untuk mengobati penyakit arthritis. Menurut penelitan WHO, ketika obat tersebut dipakaikan kepada pasien kritis virus corona di rumah sakit, angka kematian bisa di pangkas hinga sepertiganya.

Harapannya dengan panduan yang baru dokter-dokter di negara terdampak Corona bisa langsung mengunakannya. Namun, untuk saat ini menurut WHO, dexamethasone baru menunjukkan efek positif pada pasien Virus Corona yang membutuhhkan bantuan oksigen atau ventilator saja.

"WHO akan melakukan penelitian lanjutan untuk meningkatkan pemahaman atas temuan ini. Panduan WHO akan terus diperbaharui seiring dengan bertambahnya pemahaman soal bagaimana obat (Dexamethasone) digunakan," ujar Ghebreyesus dalam keterangan persnya.
Related Posts
Friska Sembiring
Friska Sembiring (Ekonomi pembangunan, Universitas Andalas)

Related Posts

Post a Comment