-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

22 Mei 2020: Perkembangan Terbaru Virus Corona

Per hari Jumat, 22 Mei 2020, kasus terkonfirmasi positif mengalami kenaikan sebanyak 634 orang, sehingga total menjadi sebanyak 20.796 orang.

Dari total kasus terkonfirmasi positif, yang dinyatakan sembuh ada sebanyak 5.057 orang setelah ada penambahan 219 orang pada hari ini. Sementara itu, total kasus pasien yang meninggal ada sebanyak1.326 orang setelah ada penambahan 48 orang.

Dibandingkan hari sebelumnya, Kamis (21/5), total kasus terkonfirmasi positif ada sebanyak 20.162 orang, pasien sembuh sebanyak 4.838 orang, dan pasien meninggal sebanyak 1.278 orang (Baca: Update Virus Corona, 21 Mei 2020).

Di samping itu, dalam menuju pola hidup Normal Baru ditengah pandemi Covid-19, Bappenas merumuskan protokol masyarakat produktif dan aman dari Covid-19. Perumusan itu digelar melalui teleconference pada Kamis (21/5), yang dipimpin oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monarfa, turut juga menghadirkan WHO Representative to Indonesia Dr. N. Paranietharan dan Tim Pakar Modelling Gugus Tugas Covid-19 dr. Panji Fortuna Hadisoemarto. 

Berdasarkan pengalaman keberhasilan negara lain dalam menangani pandemi Covid-19, prasyarat utama yang diperlukan untuk menjamin produktivitas dan keamanan masyarakat adalah sebagai berikut:
1. Penggunaan data dan keilmuan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk penyesuaian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),
2. Penyesuaian PSBB dilakukan melalui beberapa tahapan dan zona,
3. Penerapan protokol keaehatan yang ketat melalui disiplin dan pengawasan oleh aparat dan,
4. Review pelaksanaan penyesuaian PSBB yang dapat menimbulkan efek jera sehingga dimungkinkan adanya pemberlakuan kembali PSBB secara ketat apabila masyarakat tidak disiplin dalam beraktivitas.

Prasyarat tersebut digunakan untuk menentukan kriteria langkah-langkah kesehatan yang perlu dilakukan dalam menentukan kebijakan penyesuaian pembatasan sosial.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment