-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Tips Membuat Puisi Bertema Keluarga

(gambar/SatelitPost) 

Secara umum, puisi jauh lebih pendek dibandingkan dengan cerpen dan novel. Tetapi, dalam membuat dan membaca puisi, barulah dengan penuh penghayatan agar rangkaian kata puisi indah dan indah juga saat dibacakan.
Nah, berikut beberapa tips dalam membuat puisi dari penyair terkenal, Sapardi Djoko Damono. 

Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono (lahir di Surakarta, 20 Maret 1940; umur 80 tahun) adalah seorang pujangga berkebangsaan Indonesia terkemuka. Ia kerap dipanggil dengan singkatan namanya, SDD. SDD dikenal melalui berbagai puisinya mengenai hal-hal sederhana namun penuh makna kehidupan, sehingga beberapa di antaranya sangat populer, baik di kalangan sastrawan maupun khalayak umum.
Berikut tips dari SDD: 
1. Buatlah sedikit jeda untuk membersihkan hati dan pikiran dari emosi-emosi yang ada dalam diri kita. 
Maksudnya di sini adalah, kita harus bisa mengendalikan emosi kita agar dalam menciptan puisi, kita tidak terlalu dipengaruhi oleh emosi kita. Misalnya saat kita sedang jatuh cinta, cenderung puisi yang diciptakan juga akan kelihatan cengeng dalam bahasanya. Apabila kita sedang marah, cenderung puisi yang diciptakan terkesan marah-marah dari awal sampai akhir. Jadi, alangkah baiknya kita dapat mengendalikan emosi-emosi kita sebelum mencoba membuat puisi. 
2. Sajak ada di sekitar kita. 
Maksudnya di sini adalah dalam membuat puisi tidak perlu kita terlalu mengawang yang tentunya membuat penulis kesulitan. Kita dapat terinspirasi dari kegiatan kita sehari-hari. Misalnya kita sedang berkumpul bersama keluarga, kita bisa membuat puisi dengan tema kekuarga. Begitu juga dengan kegiatan kita yang lain. 
3. Jangan meniru karya kita sendiri. 
Maksudnya di sini adalah dalam membuat puisi jangan berputar pada tema yang itu-itu saja. Kita harus coba dengan tema yang lain dan lebih baru, agar keahlian kita juga berkembang dan kreativitas terus mengalir. 

Nah, selain tips tersebut, kita juga tentunya harus sering membaca buku, karena dengan membaca buku, kita dapat memperkaya perbendaharaan kata kita, sehingga kita tidak kesulitan dalam menciptakan puisi yang indah. Kita juga harus sering membaca puisi-puisi dari penyair terkenal agar kita dapat memahami macam-macam penangkapan puisi dari berbagai jenis tema. Dalam membuat puisi juga jangan terlalu banyak berceramah atau menyimpulkan terlalu banyak puisi anda sendiri. Biarkan pembaca yang menyimpulkan puisi anda, sehingga pembaca tentu semakin penasaran dalam tiap bait selanjutnya dalam puisi anda. 
Demikian tips yang bisa dipraktekkan dalam hal membuat puisi bertema keluarga, selamat mencoba. 
Related Posts
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment