-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

2 Penerbangan Dari China Berhasil Mendarat ke RI saat PPKM Berlangsung, Kemenhub Beri Penjelasan

2 Penerbangan Dari China Berhasil Mendarat ke RI saat PPKM Berlangsung, Kemenhub Beri Penjelasan

Seruan.id - Di tengah berlangsungnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, dua maskapai asal China yang melakukan penerbangan ke Indonesia berhasil terpantau di aplikasi flightradar24. 

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi penjelasan terkait hal tersebut agar tidak terjadi kesimpang-siuran di tengah kondisi yang tidak kondusif seperti saat ini di Indonesia.

Novia Riyanto menjelaskan  bahwa pesawat yang beroperasi di masa PPKM level 4 hanya dikecualikan untuk hal-hal atau perjelanan tertentu.

"Dari yang didapat penerbangan yang beroperasi, yaitu pesawat JT: CGK-WUH pp dan QG: CGK-KMG pp merupakan penerbangan reguler dengan frekuensi satu kali per minggu berdasarkan persetujuan rute reguler untuk summer 2021, yang telah diberikan izin oleh Ditjen Perhubungan Udara," terang Novie saat dimintai keterangan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa regulasi dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pembatasan warga negara asing (WNA) masuk Indonesia dikecualikan terhadap beberapa kriteria.

"Adapun orang asing yang diperbolehkan untuk terbang adalah mereka yang merupakan pemegang visa diplomatik dan visa dinas, orang asing pemegang izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap serta orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusian," terangnya.

Adapun hasil dari pantauan yang dilakukan pada aplikasi flightradar24, penerbangan yang berhasil ditemukan yakni, maskapai Lion Air dan Citilink yang memang sudah dijadwalkan untuk terbang dari China ke Indonesia.

Dimana pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT2619 melayani rute Jakarta-Wuhan. Pesawat ini dijadwalkan berangkat pada Senin, 16/08/2021 pukul 06.30 WIB dan mendarat pukul 13.35 waktu Wuhan.

Sementara itu, untuk pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG8815 melayani rute Kunming-Jakarta. Penerbangan itu dijadwalkan berangkat ari Kunming pada Jumat, 13/08/2021 dan 20/08/2021 dada pukul 22.40 waktu setempat dan akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu, 14/08/2021 pukul 02.45 WIB.

Disamping itu, Novia juga turut mengimbau agar seluruh masyarakat atau penumpang warga negara asing supata memahami terkait regulasi penerbangan internasional wajib dan harus memenuhi SE Nomor 63 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment