-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Pendaftaran CPNS 2021 akan Dibuka, 5 Hal Penting Mengenai Portal SSCASN

Pendaftaran CPNS 2021 akan Dibuka, 5 Hal Penting Mengenai Portal SSCASN

Seruan.id - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kembali dibuka Pemerintah pada tahun 2021. Seleksi CPNS pada tahun 2021 hanya menggunakan satu portal pendaftaran, yaitu Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN.

Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan, penggunaan portal SSCASN akan memudahkan para peserta dalam melakukan proses pendaftaran.

Dalam hal persiapan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, ada beberapa poin yang perlu diketahui soal portal SSCASN, yaitu;

1.    Tidak Perlu Mengunggah Sejumlah Dokumen

Dikutip dari Kompas.com, 25 Maret 2021, melalui adanya peningkatan fitur teknologi dalam SSCASN, seluruh peserta seleksi ASN tidak perlu mengunggah sejumlah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) ketika melakukan pendaftaran. Hal itu disebabkan portal SSCASN akan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristekdikti), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

2.    Peserta Bisa Mengakses Keseluruhan Informasi

Peserta seleksi ASN juga akan mendapatkan kemudahan dengan adanya akses informasi yang memungkinkan peserta melihat seluruh informasi yang dibuka oleh pemerintah. Diketahui bahwa sebelumnya, peserta hanya dapat melihat ketersediaan formasi satu per satu di website masing-masing instansi.

3.    Adanya Face Recognition

Di samping itu, SSCASN juga dilengkapi dengan fitur face recognition. Fitur face recognition merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi ASN, dan mencegah terjadinya tindak kecurangan. Face recognition dimanfaatkan untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian, yang dapat meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian.

4.    Fitur Dashboard, Portal Akun, Dan Pendaftaran

Dilansir Kompas.com, 6 Maret 2021, pada portal SSCASN juga terdapat fitur Dashboard yang berguna bagi petugas yang terlibat menjaring pendaftaran. Instansi ataupun Panselnas dapat memonitoring perkembangan pendaftaran maupun pengolahan nilai pada Dashboard SSCASN ini.

Dalam hal fitur Portal Akun dan pendaftaran, pelamar yang telah mendaftar hanya perlu masuk ke fitur ini untuk melihat proses verifikasi hingga pengumuman kelulusan.

5.    Fitur Pengolahan Hasil Seleksi Dan Fitur Verifikasi

Dalam portal SSCASN juga disediakan  Pengolahan Hasil Seleksi SKD maupun SKB.  Fitur ini akan memproses nilai yang masuk tanpa adanya campur tangan orang lain.

Dalam portal ini, fitur pengolahan hasil seleksi tidak disediakan untuk pelamar.

Kemudian ada juga fitur verifikasi yang digunakan instansi demi melakukan verifikasi administrasi kepada pelamar secara online terhadap dokumen yang diunggah berdasarkan persyaratan instansi.

Related Posts
A-L-S
Jatuh dan Tenggelam Itu Sudah Biasa, Terbang Saja yang Tak Biasa

Related Posts

Post a Comment