-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Menakjubkan! Peneliti Meksiko Berhasil Temukan Dinosaurus Spesies Baru

Menakjubkan! Peneliti Meksiko Berhasil Temukan Dinosaurus Spesies Baru

Seruan.id - Seorang ahli paleontologi sekaligus peneliti asal Meksiko baru-baru ini membeberkan sebuah temuan baru spesies dinosaurus yang sudah lama punah. Ia meyakini spesies dinosaurus tersebut sangat komunikatif dan menggunakan frekuensi suara rendah layaknya gajah saat hendak berkomunikasi satu sama lain.

Dari laporan AFP, spesies tersebut dinamai Tlatolophus galorum dan diperkirakan telah mati sekitar 72 juta tahun yang lalu di tempat yang sekarang menjadi negara bagian utara Meksiki, Coahuila.

Awalnya, para pakar paleontologi hanya menemukan ekor, kemudian disusul oleh penemuan sebagian besar tengkoraknya, puncak berongga bertulang 1,32 meter yang digunakan untuk berkomunikasi, serta tulang paha dan tulang bahunya.

"Kami sedang menghitung ukurannya yang panjangnya bisa antara 8 meter dan 12 meter karena hanya ekornya yang sekitar 6 meter," terang pakar paleobiologi Angel Alejandro Ramirez.

"Kami percaya bahwa dinosaurus ini sangat komunikatif. Mereka bahkan menghasilkan dan merasakan suara frekuensi rendah seperti yang dibuat oleh gajah, yang menempuh jarak beberapa kilometer dan tidak terlihat oleh manusia," terang Ramires.

Lebih lanjut para peneliti menjelaskan bahwa dinosaurus ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara keras untuk menakut-nakuti pemangsa.

Adapun penemuan ini diumumkan pada Kamis (13/03/2021) oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (INAH). Mereka memperkirakan jambul Tlatolophus galorum ini mungkin berwarna merah.

"Kami percaya bahwa dinosaurus ini seperti burung modern, melihat warna sehingga struktur seperti puncaknya mungkin berwarna cerah. Mereka bisa jadi benar-benar merah, atau multi-warna, dengan bintik-bintik," lanjut Ramirez.

Namun hingga kini penemuan ini masih dalam penyelidikan walau telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Cretaceous Research, menurut INAH.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment