-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Kuku Menguning Jadi Salah Satu Tanda Gejala Covid-19?

Kuku Menguning Jadi Salah Satu Tanda Gejala Covid-19?

Seruan.id - Tanda-tanda atau gejala Covid-19 mungkin sudah tidak asing lagi bagi semua orang di seluruh pelosok bumi, baik itu gejala yang tampak secara kasat mata maupun gejala yang tidak terlihat namun dapat dirasakan.

Baru-baru ini sebuah gejala baru yang belum semua orang mengetahuinya dikabarkan kembali, dimana seseorang yang terinfeksi Covid-19 akan memiliki gejala pada bagian kukunya.

Hal tersebut diungkap oleh peneliti utama aplikasi Zeo Covid Symptom Study, Tim Spector yang membagikan sebuah foto yang menunjukkan sebuah fenomena pada akun Twitter miliknya.

Ia membagikan dan menunjukkan bahwa tanda seseorang terinfeksi Covid-19 pada kuku semakin terlihat jelas karena meninggalkan garis yang jelas.

Ia menyebut garis tersebut dengan sebutan garis Beau, dimana garis tersebut memiliki alur atau lekukan horizontal di lempeng kuku dan dapat disebabkan oleh gangguan pertumbuhan kuku karena cedera atau penyakit.

Laporan kasus yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan tersebut mencatatkan  bahwa fenomena tersebut telah terjadi pada beberapa pasien Covid-19 di berbagai penjuru.

Salah satu penderitanya ialah seorang pria berusia 45 tahun, ia mengalaminya pada kuku jari tangan dan kakinya. Kondisi tersebut telah terjadi tiga setengah bulan sebelum dirinya didiagnosis positif Covid-19. Ia mengalami gelajanya selama 10 hari walau ia tidak perlu harus dirawat dirumah sakit.

Disisi lain, Presiden British Association of Dermatologis menjelaskan bahwa gejala ini juga telah diperhatikan oleh para dermatolog pada pasien Covid-19.

"Perubahan ini telah lama dikenal sebagai garis Beau dan merupakan lekukan melintang di kuku jari tangan dan terkadang kuku kaki," pungkasnya.

Lebih lanjut, dijelaskabn bahwa lekukan tersebut cenderung muncul pada kuku tangan antara dua tiga minggu setelah penyakit dan kemudiab timbul sedikit pada kuku kaki.

Namun walau demikian, pihaknya menegaskan bahwa garis Beau ini tidak hanya terjadi pada pasien Covid-19. Jadi lekukan tersebut tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur seseorang terkena atau terinfeksi Covid-19.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment