-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Lebih Kece, Kini Seragam Satpam Mirip Seragam Polri


Lebih Kece, Kini Seragam Satpam Mirip Seragam Polri

Seruan.id - Akhir-akhir ini kita sering melihat warna seragam satuan pengamanan (satpam) berbeda dari sebelumnya. Sebagian besar satpam mengenakan seragam berwarna coklat persis dengan seragam polisi.

Dengan tampilan tersebut, satpam terlihat tampil lebih elegan ketimbang seragam lama dengan warna putih biru.

Ternyata perubahan warna seragam tersebut merujuk pada aturan terbaru yang dikeluarkan oleh Polri yang tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Peraturan tersebut ditandatangani oleh Kapolri kala itu Idham Azizi pada 5 Agustus 2020.

Dalam aturan tersebut seragam satpam juga akan dilengkapi dengan pangkat seperti seragam Polri. Untuk pangkat pelaksana dengan lambang segitiga satu. Segitiga dua untuk pelaksana madya dan segitiga tiga untuk pelaksana utama.

Dikutip dari Kompas.com Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

"Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," kata Awi di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, 14 September 2020.

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 4 tersebut saat ini satpam memiliki lima macam seragam yang sebelumnya empat macam. Seragam tersebut meliputi PDH, PDL Khusus, PDL Satu, Pakaian Sipil Harian dan pakaian sipil lengkap.

Related Posts
Rio Friyadi
Suka mimpi jadi presiden

Related Posts

Post a Comment