-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Tahukan Kamu, Beberapa Bagian Tubuh ini Sering Dijadikan Tungau untuk Hidup!

 

Tahukan Kamu, Beberapa Bagian Tubuh ini Sering Dijadikan Tungau untuk Hidup!

Kesehatan, Seruan.id - Tungau merupakan salah satu species hewan yang tidak memiliki tulang belakang atau dikenal dengan istilah avertebrata. Tungau dikenal memiliki beragam jenis dan bisa bertahan hidup dengan kondisi apapun termasuk kondisi ekstrim.

Selain bisa bertahan didup di keadaan ekstrim, tungau juga sangat cepat beradaptasi saat menemukan tempat tinggal yang baru, seperti tubuh manusia atau hewan lainnya yang hendak dijadikan sebagai induk (inang) misalnya.

Keberadaan hewan ini sering kali tidak disadari oleh siapapun yang menjadi induknya karena ukuran tubuhnya yang sangat kecil dan tak kasat mata. Selain itu, hewan ini sangat jarang dimangsa oleh hewan predator lantaran ukurannya yang sangat mini.

Hal itu jugalah yang membuat hewan mikroba yang satu ini dapat berkembang biak cengan cepat dan leluasa tanpa gangguan dari mana pun.

Rob Dunn, seorang ahli sekaligus peneliti mikroba menjelaskan kepada National Geographic bahwa hewan ini sangat suka hidup pada bagian tubuh manusia terutama bagian wajah.

"Beberapa tahun silam saya membuat dugaan soal tungau wajah, hewan yang hidup di folikel rambut. Demikian kecilnya sehingga selusin hewan ini bisa menari di ujung jarum. Namun hewan ini lebih mungkin menari di wajah kita, yang biasa dilakukannya di malam hari,"  terang Rob.

Ia menambahkan bahwa tungao sangat suka hidup di dalam rumah. Karena kehangatan dan kelembapan yang dimiliki oleh beberapa perabot rumah, seperti kasur, bantal, dan lainnya akan membuat mereka dapat cepat tumbuh dan berkembangbiak.

Nah oleh karena itulah, bermula dari kasur atau bantal akan mempermudah tungau saat hendak pindah ke bagian wajah manusia. Diketahui, ada sekitar 65 spesies tungau yang biasa hidup pada wajah seseorang, tungau tersebut diketahui bernama tungau demodex.

Tungao jenis yang satu ini sangat suka hidup pada folikel rambut/bulu dan kelenjer minyak pada kulit manusia.

Adapun beberapa lokasi pada bagian wajah dan tubuh yang sering dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan oleh tungau adalah sebagai berikut;


KULIT

Tungau dikenal sangat menyukai serpihan kulit mati  sebagai makananna. Itulah yang membuat tungau sangat senang tinggal di tempat tidur/bantal untuk memakan serpihan kulit mati seseorang.


ALIS

Tanpa kita ketahui, ternyata bagian wajah yang satu ini sangat digemari oleh tungau untuk hidup. Hal itu terbukti dari separuh manusia yang ada di bumi memilik tungau yang hidup pada bagian dahi terutama alisnya.

Hal itu karena pada bagian dahi (orang dewasa) terdapat pori-pori yang banyak mengadung minyak.


BULU MATA

Karena kondisinya yang selalu lembab dan dekat dengan alis, membuat bulu mata seseorang sangat digemari oleh tungau. Oleh karena itu, bulu mata seseorang yang kurang diperhatikan kebersihannya akan rentan diserang oleh tungau.


BAGIAN WAJAH DEKAT HIDUNG

Selain dahi, ternyata bagian wajah dekat hidung juga memiliki banyak minyak sehingga sangat digemari oleh tungau. Jika anda sering merasa gatal secar tiba-tiba, kemungkinan besar itu disebabkan oleh tungau yang bersarang disana.

Jika tidak segera diberi perhatian khusus, maka tungau yang tinggal disana akan semakin banyak dan bisa mengakibatkan kulit wajah iritasi.


KULIT KEPALA

Rasa gatal pada kulit kepala ternyata tidak hanya diakibatkan oleh kutu dan ketombe. Bisa saja kulit kepala anda telah dihinggapi oleh tungau dan berkembangbiak disana sehingga akan sering menimbulkan rasa gatal secara tiba-tiba pada kulit kepala anda.

Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment