-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Pentingnya Mencintai Dirimu Sendiri dan Bagaimana Tips Melakukannya


Sumber Gambar: Google

 Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa sikap mencintai diri sendiri merupakan suatu perbuatan yang terbilang sedikit egois. Namun ternyata apa yang kita pikirkan itu salah. Mencintai diri sendiri adalah suatu fase yang berguna untuk memperbaiki hidupmu di berbagai bidang. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, kamu memiliki kemudahan untuk mengenali kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Bagi Sebagian dari kita, Mencintai orang lain mungkin lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Terkadang, Anda sulit menerima kekurangan diri karena merasa insecure dengan apa yang orang lain punya. Padahal, menerapkan cara mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan menjalin silaturahmi dengan orang lain. 

Maka dari itu, sebelum Anda menyayangi orang lain dan lingkungan sekitar, mulailah terlebih dahulu menyukai diri sendiri. Tak perlu melakukan hal khusus yang merepotkan, Anda bisa mulai mencintai diri sendiri dengan menerapkan berbagai cara dan kebiasaan yang mudah, sederhana, serta sehat.

Apa pentingnya mencintai diri sendiri?

Mencintai diri sendiri atau  sering juga disebut self-love bukan berarti suatu hal yang egois dan mengembangkan kepribadian narsisistik yang menyimpang. Namun justru, Kita menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

Kembali lagi tentang  mencintai diri sendiri dapat diartikan sebagai memenuhi segala kebutuhan Kita dan tidak mengorbankan kesejahteraan Kita untuk menyenangkan orang lain. Ini juga bisa berarti memprioritaskan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, jujur atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri, serta memaafkan diri sendiri saat Anda melakukan hal buruk pada diri Anda.

Dengan mencintai diri sendiri dengan setulus hati, Kita dapat memperoleh sejumlah manfaat yang baik bagi diri Kita dan juga untuk orang-orang disekitar. Kita juga dapat terbebas dari beban sosial, karena tidak akan membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Kita pun akan punya banyak waktu untuk mengurus diri sendiri, sehingga bisa menjadi lebih sehat dari segi fisik dan juga mental.

Adapun kesehatan mental dan fisik merupakan modal untuk mendapatkan hidup yang lebih tentram, nyaman, aman, dan bahagia. Kita pun akan lebih percaya diri untuk mengejar mimpi, sehingga bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi dari saat ini dan untuk ke depannya.

Bahkan, mental yang sehat juga dapat mengurangi risiko berbagai gangguan mental pada masa depan, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Kita juga lebih bisa menghadapi segala kesulitan dalam hidup, sehingga bisa terhindar dari stres yang mungkin datang.

Tak hanya itu, jika Kita sudah merasa nyaman dengan diri sendiri, orang-orang di sekitar pun ikut merasakan hal yang sama. Mereka akan nyaman berada di dekat Kita, karena Kita memancarkan energi positif dari dalam diri. Ini juga penting untuk menjalin hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain, sekaligus menjadi langkah awal kesuksesan dalam hidup.

Cara mudah dan sederhana untuk mencintai diri sendiri

Cinta pada diri sendiri tidak datang begitu saja. Kita perlu membangunnya dengan melakukan beberapa hal yang berguna bagi diri Kita. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui kalau mencintai diri sendiri bisa dimulai dari hal-hal mudah dan sederhana. Berikut adalah tips atau cara mencintai diri sendiri yang bisa Kita lakukan:

1. Jangan terlalu menuruti omongan orang lain

Ingatkan dirimu bahwa kamu gak perlu memaksakan dirimu melakukan sesuatu yang dilakukan oleh orang lain. Dan kamu nggak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Beranilah berbeda, karena mereka nggak berhak mengatur hidupmu. Waktumu di dunia ini sangat berharga, jadi jangan membuang waktumu untuk mengurusi omongan orang lain. Belum tentu mereka lebih baik darimu.

2. Jauhi mereka yang selalu berusaha merendahkanmu

Sebaiknya kamu menjauhi orang-orang yang membawa efek negatif ke dalam hidupmu. Jangan khawatir kehilangan mereka yang tidak peduli denganmu. Mereka hanyalah sekumpulan toxic people yang berusaha menjatuhkanmu. Karena teman-teman yang baik akan selalu memotivasimu untuk melakukan perbuatan baik, bukan malah sebaliknya. Kualitas lebih baik dari kuantitas.

3. Maafkanlah kesalahanmu di masa lalu

Apapun kesalahan yang pernah kamu perbuat di masa lalu, kamu harus berusaha merelakannya dan memaafkan dirimu sendiri. Kamu bukanlah manusia sempurna yang tidak luput dari kesalahan dan masa lalu yang kelam. Kamu harus segera move on dengan masa lalumu dan bersiaplah untuk menorehkan tinta baru dalam babak hidupmu.

4. Ciptakan perubahan dalam hidupmu

Hanya karena sesuatu tersebut membuatmu bahagia, nggak bearti kamu harus tetap melakukannya selamanya. Kamu harus berani membuat perubahan yang berdampak baik untukmu. Lakukan kegiatan positif yang belum pernah kamu lakukan. Tinggalkan sesuatu yang membuatmu terkekang.

5. Beri dirimu kesempatan untuk mencoba ide baru

Jangan takut untuk mencoba hal baru. Kamu harus menciptakan peluang dan ide baru yang sesuai dengan dirimu, sehungga kamu bisa nyaman dengan ide tersebut. Buatlah ide seunik mungkin, keluarlah dari zona nyamanmu dan berpikirlah out of the box.

6. Dengarkan intuisimu dan jujurlah dengan diri sendiri

Terkadang manusia sering mengabaikan intuisi dan kata hati mereka. Padahal intuisi sangat penting untuk mencapai tujuan hidup. Mulailah dengarkan suara hatimu. Karena rasa percaya diri muncul ketika kamu mengetahui apa yang akan kamu kerjakan, dan yang kamu lakukan itu benar adanya

7. Percayalah pada kemampuanmu

Segala sesuatu pasti akan terjadi jika kamu percaya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kamu pun bisa melakukan segala sesuatu, kuncinya adalah ketahui dirimu sendiri dan percayalah bahwa kamu mampu melakukannya.

8. Jalani hidupmu dengan semestinya

Salah satu anugrah terindah yang kamu peroleh dalam hidupmu adalah sebuah kesempatan. Hidupmu bukan hanya diantara hidup dan mati. Selagi kamu hidup, kamu harus bisa menjalani hidupmu sebaik mungkin. Kamu bisa hidup seperti aliran arus. Jangan terlalu serius dengan hidupmu.

9. Menjaga kesehatan tubuh

Mulailah mencintai diri Kita dengan cara menjaga kesehatan fisik. Adapun cara sederhana yang bisa Kita lakukan adalah berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, dan membiasakan diri tidur secara teratur dan cukup. Pastikan Kita tidur selama 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, dan berolahraga rutin, seperti jalan kaki, senam, yoga, atau bahkan merilekskan diri dengan meditasi.

10. Meluangkan waktu tanpa gawai elektronik

Cara ini kemungkinan besar efektif agar Kita dapat mencari tahu apa yang dapat dilakukan tanpa harus melibatkan gawai Kita. Berikan waktu kepada diri Kita sendiri untuk beristirahat dari menatap layar ponsel atau laptop, yang selama ini menguras pikiran karena pekerjaan atau lingkungan sosial. Sebagai gantinya, Kita bisa bertemu teman atau melakukan sesuatu yang kreatif.

11. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Walaupun sulit dilakukan, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hal yang Kita suka meski hanya sebentar. Kita bisa membaca buku, main teka teki silang atau sudoku, mendengarkan musik, atau apapun yang Kita suka di sela kesibukan Kita. Cara ini bisa membantu Kita lebih menghargai dan mencintai diri Kita sendiri, sekaligus untuk meredakan stres

12. Membersihkan rumah atau kamar

Membersihkan dan menata rumah atau kamar Kita bisa jadi salah satu cara sederhana untuk mencintai diri sendiri yang kadang disepelekan. Padahal, rumah yang bersih dan tertata rapi bisa membuat suasana baru sehingga Kita lebih semangat. Kita pun bisa mengurangi rasa kecemasan dan stres, atau bahkan menemukan inspirasi baru yang bisa Kita lakukan untuk diri Kita sendiri. 

13. Meluapkan isi hati

Jika Kita sedang mengalami sebuah kejadian yang memicu kesedihan, kemarahan, atau kekecewaan, janganlah ditahan. Meluapkan isi hati Kita bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam di diri Kita, sehingga Kita bisa lebih mencintai diri sendiri. Kita bisa meluapkannya dengan menulis di buku harian atau berbicara dengan diri sendiri, baik di dalam hati, di kamar mandi, atau di depan cermin. 

14. Menyingkirkan pikiran negatif

Tak hanya melepaskan emosi yang terpendam, Kita pun perlu menghilangkan pikiran-pikiran negatif. Terkadang, pikiran-pikiran negatif inilah yang membuat Kita tersiksa dan kerap merendahkan diri Kita sendiri.

Sebaliknya, pikirkan hal-hal yang positif, seperti kekuatan yang Kita miliki, agar Kita menjadi lebih percaya diri dan mencintai diri Kita. Kita pun perlu mengurangi konsumsi berita negatif yang cenderung membuat diri Kita berpikiran negatif terus menerus.

15. Mengelilingi diri Kita dengan orang-orang positif

Salah satu cara untuk mencintai diri Kita adalah dengan berada di antara orang-orang yang positif dan menyayangi Kita. Berkumpul dengan orang-orang yang positif bisa membawa Kita kepada suasana dan kebiasaan yang positif pula pada diri Kita. Hal ini bisa membuat diri Kita jadi lebih baik.Sebaliknya, akhiri semua hubungan yang toxic yang justru merugikan Kita.

 Semoga cara-cara diatas dapat efektif untuk membantumu mencintai diri sendiri. Karena apalah arti mencintai orang lain jika kamu belum mampu mencintai diri sendiri.

Related Posts

Related Posts

Post a Comment