-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Waspada: Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tunjukkan Aktifitas Siaga Level III

Seruan.id – Berastagi, Sumatera Utara, Gunung Sinabung kembali menunjukkan aktifitas erupsi pada Sabtu, (08/08/2020). Gunung Sinabung merupakan gunung api yang berstatus aktif dengan ketinggian 2460 mdpl, terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Saat ini kejadian erupsinya Gunung Sinabung dipantau melalui CCTV POS SINABUNG yang terletak di bagian Tenggara Gunung berapi tersebut.

Adapun laporan aktivitas gunung api periode pengamatan (08/08/2020, pukul 00.00-06.00 WIB) sebagai berikut;

METEOROLOGI

Cuaca berawan dengan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah Timur dan Tenggara. Suhu udara mencapai 17-18 derajat Celcius.

VISUAL

Gunung kabut 0-I  hingga kabut 0-II dan asap kawah tidak teramati.

Terjadi letusan dengan tinggi 2000 m dan warna asap kelabu.

KEGEMPAAN

Letusan terjadi sekali dengan amplitudo 120 mm pada durasi 3644 detik

Low Freskuensi sebanyak 2 kali dengan amplitudo 2-3 mm pada durasi 5-7 detik

Vulkanik dalam terjadi satu kali pada amplitudo 12 mm, S-P 1,1 detik dengan durasi 13 detik.

Dengan aktifitas erupsi Gunung Sinabung seperti di atas, maka masyarakat direkomendasikan untuk mengikuti arahan yang telah ditetapkan oleh Pemda Setempat.

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktifitas pada desa-desa yang sudah di relokasi, serta lokasi did alam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektoral Timur-Utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila kelauar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Mendengar kejadian ini, Dansatgas Gunung Sinabung Damdim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal mewakili Kasdim Mayor Inf D. Marpaung dan Danramil 04/SE Kapten Inf S. Karosekali langsung terjun kelapangan melihat kondisi di sekitar Gunung Sinabung paska erupsi yang terjadi.
KELUH MASYARAKAT 

Akibat erupsi Gunung Sinabung di Desa Ndeskati,” tulis @emeraldaprimsa pada postingan Instagramnya.
Terkini di lingkaran Sinabung,” tulis @sastrawangintingseragih pada postingan Instagramnya memperlihatkan kondisi jalan akibat erupsi Gunung Sinabung.
Warga Desa Naman Teran sedang bersih-bersih akibat erupsi Sinabung tadi pagi,” tulis @nata_sitepu memperlihatkan kondisi desanya.
Sepertinya Desa Naman Teran lumayan parah kena erupsinya,”tulis @zonakalakkaro.id memperlihatkan kondisi Desa Naman Teran.

Source: Instagram @zonakalakkaro.id @bataknesia
Related Posts
@sevencorner
Estoy hablando por escrito! Mulutku bungkam, jemariku bicara!

Related Posts

Post a Comment