Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Sumatera Barat Gratiskan Tes Swab Untuk Warganya

Seruan.id- Menyikapi peningkatan kasus positif harian di Sumatera Barat dalam beberapa hari terakhir, Pemprov Sumbar memastikan adanya program tes usap gratis bagi masyarakat Sumbar.

“Tidak hanya bagi warga luar yang datang ke Sumbar. Semua warga dengan riwayat kontak langsung atau merasa memiliki gejala, silahkan ikuti tes swab secara gratis,” ujar juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman melalui wawancara dengan Tim MMC Diskominfo di Padang, Senin (24/08/2020).

Menurutnya, kebijakan ini ditempuh guna memutus rantai penularan Covid-19 sembari tetap produktif menjalani aktivitas keseharian.

“Masyarakat tidak usah enggan, tidak usah takut. Ayo berkontribusi aktif sembari tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Jasman yang juga merupakan Kepala Diskominfo Prov. Sumbar ini.

Lokasi yang dapat dituju masyarakat adalah puskesmas terdekat atau rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan oleh Pemprov Sumbar.

Diakui berdasarkan tracking terhadap kasus positif harian dalam beberapa hari terakhir, sebagian besar adalah imported case atau berasal dari luar Sumbar. 

Untuk itu ia mengimbau masyarakat jangan gelisah dan cemas dengan hasil tersebut.

“Dengan semakin banyak pemeriksaan yang dilakukan, pasti hasilnya berbanding lurus. Lebih berbahaya, jika disuatu daerah tak dilakukan pemerikasaan, padahal positifnya banyak. Beberapa daerah malah enggan mengirimkan sampelnya ke laboratorium kita. Mereka ingin mempertahankan status ‘hijaunya’. Ibarat bom waktu, bisa meledak kapan saja,” terangnya.

Penanganan Covid-19 di Sumbar sudah baik. Patokannya positif rate dan testing rate yang masih dibawah rata-rata nasional.

“Jangan melihat angka-angka, lihatlah persentase yang masih terbaik di Indonesia. Peningkatan pun dirasa masih wajar dengan jumlah sampel yang diperiksa. Belum pernah pertambahan kasus harian mencapai ratusan,” tambahnya.
Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment