Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU

Kasus Positif Daerah Tetangga Tinggi, Gubernur Irwan: Perketat Kembali Pengawasan Perbatasan!!!

Seruan.id- Tingginya penambahan positif Covid-19 di Pekanbaru Riau akhir-akhir ini langsung disikapi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Lewat pesan singkatnya di WA grup Kepala OPD, Jumat (28/8) pagi, Gubernur Irwan Prayitno kembali menginstruksikan jajarannya untuk memperketat pengawasan daerah perbatasan terutama dengan Riau. 

"Informasi yang saya terima, tanggal 26 Agustus kemarin tercatat 141 kasus positif di Pekanbaru. Kita tentu tak ingin terjadi transmisi di Sumbar. Karenanya, meski PSBB tak ada lagi, Saya kembali minta OPD terkait untuk memperketat pengawasan arus masuk pendatang didaerah perbatasan, terutama dengan Provinsi Riau. Saya telah perintahkan Dinas Perhubungan dan Pol PP Prov Sumbar untuk segera melakukan pengawasan ketat di pintu-pintu masuk ke Sumbar yang mengacu ke Permenhub 41 tahun 2020," ujar Irwan dalam pesan singkatnya.

Dirinya mengatakan, sebagai provinsi yang bertetangga, mobilisasi orang antar dua daerah ini memang tinggi. Meroketnya positif Covid-19 di Riau jika dibiarkan akan berimbas pada penularan di Sumbar.

"Sama-sama diketahui, saat ini konfirmasi positif di Sumbar kebanyakan berasal dari luar atau importad case. Untuk itu, perlu diperketat lagi pengawasan terhadap pendatang dari luar Sumbar, terutama zona merah," tambahnya.

Selain dengan Riau, Irwan juga menekankan pengawasan pendatang lewat Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Semua daerah di Jakarta sudah zona merah. Kedatangan melalui BIM sebagian besar dari ibukota. Saya minta semua pendatang wajib melakukan Swab test begitu mendarat. Ingatkan mereka untuk isolasi dahulu sampai hasil negatifnya keluar," pesan gubernur. 

Irwan kembali menekankan, jika Swab test aman dan tak menyakitkan.

"Tak usah takut melakukan Swab test. Aman dan tidak menyakitkan. Prosesnya juga mudah, cepat dan juga gratis alias tak berbiaya," imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan banyaknya kasus positif di Lingkup Pemprov Sumbar. mantan anggota DPR RI tiga periode ini meminta kepala OPD untuk merencanakan work from home (WFH) secara selektif di lingkungan masing-masing.
Related Posts
egip satria eka putra
Suka mengoleksi buku dan menulis. Mengoleksinya saja, sedang membacanya tidak.

Related Posts

Masukkan kode iklan matched content di sini.

Post a Comment