-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Berbagai Hal Unik yang Hanya Dapat Ditemukan Di Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17% luas Indonesia. Provinsi ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi,dan Bengkulu. Iklim Sumatera Barat secara umum bersifat tropis dengan suhu udara yang cukup tinggi, yaitu antara 22,6°C sampai 31,5°C. Provinsi ini juga dilalui oleh Garis khatulistiwa, tepatnya di Bonjol, Pasaman.

Provinsi yang terkenal dengan tanah nya 'Orang Minang' atau Minangkabau ini memiliki warisan kekayaan budaya dan alam yang sangat terkenal. salahsatu yang paling terkenal dari Sumatera Barat atau Minangkabau adalah berbagai masakan yang terkenal sangat enak. Bisa diambil salahsatu contohnya yaitu Rendang, yang dinobatkan sebagai makanan terenak didunia. Tidak hanya itu, Rumah makan Padang, dengan Nasi padang-nya yang terkenal enak diseluruh Indonesia.

Tidak hanya dari kulinernya, Tanah Minangkabau masih memiliki berbagai keunikan yang tersimpan didalamnya. berikut keunikan yang hanya akan kamu temui di Minangkabau atau Sumatera Barat :

1. Ikan Bilih yang hanya ditemukan di Danau Singkarak
Ikan Bilih merupakan spesies ikan endemik (khas) yang hanya terdapat di Danau Singkarak. Ukurannya kira-kira 6-12 cm, sebesar ikan teri ukuran sedang dan pemakan plankton. keunikannya adalah tidak bisa dikembangbiakan di daerah manapun. Meskipun pernah para ahli dari Amerika membawa spesies ini dan mengembangkannya di negaranya dengan teknologi canggih namun hasilnya tetap nihil.

2. Sistem Kekerabatan Matrilineal
Di Minangkanbau menganut sistem kekerabatan matrilineal yaitu suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Sistem yang telah menjadi suatu tradisi ini sangat menjunjung tinggi perempuan di atas kaum adam. Sebuah sistem yang unik, karena di Indonesia umumnya menempatkan kaum laki-laki lebih tinggi ketimbang wanita. Di Indonesia pun hanya Padang saja yang menganut sistem ini.

3. Jembatan yang terbuat dari rotan yang dibangun pada 1890
Titian Aka atau jembatan akar ini merupakan objek wisata yang sudah berusia sekitar 100 tahun. Terkenal melegenda, jembatan ini dibangun di atas sungai Batang Bayang dengan menghubungkan kedua akar pohon beringin besar yang bersebarangan. Menurut cerita, jembatan ini dahulunya dibangun oleh seseorang yang bernama Pakih Sokan pada tahun 1890. Jembatan unik yang hanya ada di Sumatera Barat ini baru mulai digunakan pada 1916.


4. Danau Kembar nama terbalik
Danau kembar yang terletak di Alahan Panjang, Solok ini dikenal juga dengan nama Danau Diateh dan Danau Dibawah. Kenapa kembar? Karena posisinya saling berdekatan hanya 300 meter. Kenapa unik? Karena danau yang berada di bagian atas disebut dengan Danau Dibawah sedangkan danau yang terletak di bagian bawah di sebut dengan Danau Diateh (Diatas).

Danau ini terletak sekitar 65 km dari Padang dan berada di ketinggian sekitar 1500 meter dari permukaan laut. Kalau kita berangkat dari Padang, kita akan meihat Danau Diateh di sebelah kanan jalan raya dan Danau Dibawah di sebelh kirinya.

5. Mesin Jam Gadang cuma ada dua di dunia
Kalau ke Padang tidak lengkap rasanya jika tidak singgah ke Jam Gadang. Selain sebagai ikon Sumatera Barat, Jam Gadang memiliki beberapa keunikan, mulai dari mesin jam tersebut yang hanya ada dua di dunia yaitu di Big Ben, Inggris dan di Jam Gadang Bukittinggi, Indonesia. Selain itu, kalau kita perhatikan penulisan angka empat romawi pada jam tersebut adalah IIII bukan IV. Aneh ya?

Jam ini didirikan tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh yang memakan biaya 3000 gulden. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota).


6. Ngarai Sianok merupakan patahan Sumatera 
Ngarai Sianok yang teretak di Bukittinggi ini memiliki panjang 15 km, lebar 200 meter dan kedalalaman 100 meter. Sebagian kita mungkin tidak tahu bahwa ngarai ini merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang yang dikenal dengan patahan Semangko. Patahannya membentuk dinding curamserta membentuk lembah yang indah. Di tengah-tengah ngarai ini dialiri sungai Batang Sianok. 


7. Rel kereta api bergerigi
Kalau kita perhatikan jalur rel kereta api dari Padang menuju Padang Panjang, sebagian relnya ada yang bergerigi. Rel bergerigi ini tujuannya untuk memudahkan jalur pendakian. Rel seperti ini hanya terdapat di Swiss, India dan Indonesia. Jalur rel kereta api yang bergerigi ini bisa kita naiki dengan membeli tiket kereta wisata yang disediakan oleh pemerintah setempat. Meskipun sekarang jalur kereta Padang ke Padang Panjang sudah lama tidak beroperasi, Namun rel kereta bergerigi ini masih dapat kita lihat sepanjang jalur Rel Padang - Padang Panjang tersebut.

8. Rumah Sakit Stroke Pertama di Indonesia
Makanan khas Sumatera Barat adalah berbagai menu santannya, mulai dari daging, ikan, ayam, jengkol, dan lain-lain yang dimasak menjadi rendang, gulai, sate, soto, balado dan lain sebagainya.

Dikarenakan menu khas Sumatera Bara didominasi oleh santan yang mengakibatkan kadar kolesterol meningkat, maka di tempat ini pula dibangun rumah sakit stroke pertama di Indonesia dan ketiga di dunia.

9. Tak Ditemukannya Indomaret ataupun Alfamart di Sumatera Barat
Saat Indomaret dan Alfamart tumbuh menjamur di mana-mana di berbagai tempat, hal sebaliknya akan kamu temukan saat menginjakkan kaki di ranah Minang. Entah itu kota besar seperti Bukittinggi serta beberapa bagian di Padang, waralaba tersebut tidak mendapatkan izin.

Mengapa begitu? Nah, pemerintah memang sengaja tidak mengeluarkan izin beroperasi untuk perusahaan tersebut karena khawatir akan mematikan usaha pedagang tradisional dan merusak ekonomi daerah. Kehadiran Indomaret atau Alfamart yang lebih modern mungkin juga bisa membuat para pembeli berpaling ke tempat belanja yang lebih enak, sehingga pedagang kelontong menjadi sepi pembeli. Ke depannya pemerintah akan membangun ‘Halal Mart’ dimana seluruh barang yang dijual merupakan produk yang berasal dari Padang sendiri.  


10. Angkot Nyentrik
Angkot merupakan transportasi konvensional yang menjadi sarana umum di setiap daerah. Jika selama ini kamu disajikan dengan bentuk angkot yang biasa saja dan hampir sama setiap berkunjung ke daerah tertentu, hal yang beda akan kamu temukan di Sumatera Barat. Modifikasi bentuk angkot di Padang memang diakui paling keren di Indonesia, angkot-angkot unik ini bahkan sampai dijuluki dengan nama ‘Fast and furious’. Di balik tampilannya yang nyeni, ketika masuk ke dalam angkot kamu akan disajikan dengan musik berbagai aliran bak konser, jadi jangan harap bisa berbicara normal apalagi berbisik, suaramu akan lenyap dan tak terdengar. 


Nah, Itulah berbagai hal unik dan menarik yang hanya dapat kamu temukan di Sumatera Barat. Sebenarnya masih banyak hal yang unik yang dapat kamu temukan dari sumatra barat, dari bentang alamnya,tradisi dan budaya, makanan, hingga keunikan masyarakatnya sendiri bisa kamu dapatkan di 'tanah Minangkabau' ini. Penasaran? yuk kalo ada kesempatan berkunjung ke Ranah Minang.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment