-->
Y0eWGYxzpXyCEdgWdcCCd1ut8uzRgXO9EmGhgceU
Theme images by Igniel

Search This Blog

Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Ini Rumusnya !

(Gambar: Specialtycareus.com)

Memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh merupakan hal mutlak yang harus diutamakan. Karena apapun yang akan kita lakukan, kalau tubuh kita sedang fit, pasti kita akan semangat dalam melakukan aktivitas itu. Sebaliknya, jika tubuh kita kurang fit, tentunya tubuh pun akan terasa sangat berat untuk melakukan sesuatu.

Berat badan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena menurut sebuah studi oleh Harvard T.H. Chan School of Public Health, peningkatan berat badan pada awal dan pertengahan usia dewasa akan meningkatkan resiko kesehatan tubuh dikemudian hari.

Begitu juga dengan keadaan badan yang terlalu kurus. Orang dengan badan yang terlalu kurus memiliki resiko Bone Mineral Density (BMD) atau penurunan kepadatan tulang yang lebih parah dibandingkan seseorang yang memiliki berat badan normal.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita memiliki berat badan ideal. Berat badan yang ideal memang menjadi impian banyak orang, karena berat badan yang ideal cenderung mewujudkan keadaan tubuh yang sehat.

Nah, untuk teman-teman yang belum tau cara menghitung berat badan ideal, di sini akan kita bahas bersama-sama. Umumnya, menghitung berat badan ideal bisa menggunakan dua cara, yaitu menggunakan rumus Broca dan menggunakan kalkulator BMI.

1. Menggunakan Rumus Broca
Rumus ini membedakan cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita, karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.
▪ Pria: Berat Badan Ideal (Kg) = [Tinggi Badan (cm)-100]-[(Tinggi Badan (cm) -100) x 10%]
▪ Wanita: Berat Badan Ideal = [Tinggi Badan - 100]-[(Tinggi Badan - 100) x 15%]

2. Menggunakan Kalkulator BMI
Ada beberapa ketentuan dalam menggunakan kalkulator BMI: 
▪ BMI digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 20 tahun atau lebih
▪ Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5 - 25
▪ Jika melebih 25, itu berarti berat badan berlebih
▪ Jika berada di bawah 18, itu berarti berat badan kurang
▪ Jika melebihi angka 40, sebaiknya periksa ke dokter segera, karena ini menujukkan tanda bahaya.
Rumus: Berat Badan Ideal = Berat Badan (Kg): [Tinggi Badan(M) x 2]

Nah, itu dia dua cara menghitung berat badan ideal kamu. Mulai sekarang, rajin-rajin cek berat badan ya teman-teman, dengan berusaha menjaga berat badan ideal, berarti kamu juga telah berusaha untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment